Makanan & Minuman yang Harus Dihindari Penderita Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Makanan & Minuman yang Harus Dihindari Penderita Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi,- Menjaga dan membatasi asupan garam merupakan salah satu langkah penting untuk mencegah dan mengatasi tekanan darah tinggi. Maka dari itu, kita perlu untuk mengetahui makanan apa saja yang harus di makan dan harus anda hindari jika saat ini tekanan darah anda sedang tinggi atau Hipertensi.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi saat tekanan darah berada pada nilai 130/80 mmHg atau lebih. Kondisi ini dapat menjadi berbahaya, karena jantung dipaksa memompa darah lebih keras ke seluruh tubuh, hingga bisa mengakibatkan timbulnya berbagai penyakit, seperti gagal ginjal, stroke, dan gagal jantung.

Makanan & Minuman yang Harus Dihindari Penderita Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

banyak orang yang tidak menyadari mengenai makanan yang sudah dimakan tiap harinya, apalagi tentang kandungan nya. Mencermati asupan makanan serta kandungan nya merupakan salah satu langkah utama yang perlu anda lakukan jika anda ingin terbebas dari tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Jika saat ini anda memiliki riwayat hipertensi atau tekanan darah tinggi, alangkah baiknya untuk tidak menyertakan makanan yang mengandung tinggi sodium atau natrium. Makin sedikit kandungan natriom yang dikonsumsi, maka tekanan darah anda akan makin terkendali. Beberapa jenis makanan yang kandungan natrium nya cukup tinggi diantaranya yaitu : makanan kemasan dalam kaleng, makanan diproses, serta makanan siap saji.

Berikut Ini 5 Jenis Makanan & Minuman yang Harus Dihindari Penderita Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi :

Kopi
Kopi Mengkonsumsi kopi terutama dipagi hari tentunya akan terasa nikmat. Akan tetapi, untuk anda yang memiliki riwayat hipertensi atau tekanan darah tinggi, mulai dari sekarang usahakan lah untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Karena kopi mengandung kafein yang cukup tinggi. Selain kopi, teh dan soda juga perlu untuk anda hindari.

 Daging dan makanan olahan
Daging Biasanya proses pengolahan kedua jenis makanan ini dengan cara diawetkan yang menggunakan garam. Dengan begitu, kandungan natrium yang terdapat dalam makanan ini menjadi sangat tinggi dan tentunya membahayakan penderita hipertensi  dan penderita diabetes.

 Acar
Acar timun Jika tekanan darah anda tidak ingin meningkat secara drastis, alangkah baiknya untuk menghindari acar mentimun. Walaupun makanan ini memang nikmat untuk dikonsumsi, akan tetapi proses pembuatannya ini menggunakan garam supaya mentimun nya tidak mudah busuk. Inilah yang menyebabkan Anda harus menghindari nya.

 Kulit ayam dan makanan berlemak lainnya
Kulit Ayam Kulit ayam dan makanan berlemak lain, seperti daging merah, susu berlemak, dan keju, dan mentega, mengandung asam lemak jenuh dan lemak trans. Lemak jenis ini dapat meningkatkan kolesterol jahat, hingga memperburuk tekanan darah tinggi Anda.

 Saus Kalengan
Saus Tomat Saus tomat, saus pasta, dan jus tomat yang sudah dikemas di kaleng mengandung kadar natrium tinggi. Dalam satu cangkir saus-saus tersebut mengandung lebih dari 450 mg natrium yang berpotensi menaikkan tekanan darah.

 

Sebagai tambahan saja, menerapkan pola hidup yang sehat juga dapat membantu anda dalam mencegah serta menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Beberapa cara tersebut diantaranya yaitu :

  • Menjaga berat badan supaya tetap ideal. Orang memiliki berat badan lebih dari batas normal, memiliki risiko lebih tinggi untuk terserang hipertensi atau tekanan darah tinggi.
  • Berolahraga secara rutin. Jika saat ini anda sering bermalas-malasan di rumah, dan jarang sekali untuk berolahraga, alangkah baiknya anda menghentikan kebiasaan tersebut. Karena berolahraga secara teratur dapat membantu anda menghindari risiko tekanan terkena hipertensi. Berjalan cepat atau bersepeda 2-3 jam setiap minggu nya merupakan beberapa contoh olahraga yang bisa anda lakukan.
  • Mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat dan tentunya yang rendah lemak. Contohnya seperti biji-bijian utuh, roti, beras merah, serta buah dan sayuran.
  • Kurangi konsumsi garam. Karena terlalu banyak mengkonsumsi garam dapat membuat tekanan darah menjadi semakin melonjak. Cobalah untuk membatasi dalam makanan. Konsumsi garam tidak boleh lebih satu sendok teh.
  • Hindari konsumsi alkohol. Risiko hipertensi akan semakin meningkat jika anda terus-terusan mengkonsumsi alkohol.
  • Berhenti merokok. Mungkin kebiasaan ini akan sangat sulit untuk anda lakukan. Karena yang namanya sudah kecanduan tentunya sulit untuk mengatasinya. Walaupun rokok tidak menyebabkan hipertensi secara langsung, akan tetapi rokok dapat mengakibatkan arteri menjadi semakin menyempit, sehingga risiko terkena serangan jantung dan stroke menjadi semakin meningkat.

sumber : https://www.alodokter.com/makanan-penakluk-tekanan-darah-tinggi

Dengan menjaga asupan makanan dan merubah pola hidup menjadi lebih sehat merupakan suatu langkah terbaik yang bisa dilakukan supaya tekanan darah anda dapat terkendalikan. Semoga saja artikel yang sudah disampaikan ini dapat bermanfaat untuk anda. Terikamasih 🙂

Makanan & Minuman yang Harus Dihindari Penderita Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Leave a Comment