Ciri-Ciri Benjolan Di Payudara Karena Kanker & Non-Kanker

Ciri-Ciri Benjolan Di Payudara Karena Kanker & Non-Kanker,- Adanya gangguan pada payudara seperti timbul rasa nyeri atau munculnya benjolan tentunya membuat seseorang merasa tidak tenang dan selalu khawatir, karena ditakutkan kondisi tersebut menjadi salah satu pertanda adanya penyakit yang serius, seperti Kanker Payudara.

Memang benar, salah satu gejala utama dari penyakit kanker payudara adalah munculnya benjolan pada bagian payudara. Akan tetapi, perlu diingat juga bahwa tidak semua benjolan pada payudara bisa dikatakan kanker. Karena sebenarnya masih banyak beragam faktor atau kondisi medis lainnya yang menyebabkan timbulnya benjolan pada payudara.

Ciri-Ciri Benjolan Di Payudara Karena Kanker & Non-Kanker

Dilansir dari situs alodokter.com terdapat suatu penelitian yang menunjukan bahwa, sebanyak 80% kasus benjolan yang timbul pada payudara bukanlah disebabkan karena kanker. Akan tetapi walaupun demikian, Anda tetap perlu untuk selalu mewaspadai benjolan pada payudara dan jangan pernah menganggap sepele kondisi ini, supaya kita dapat mencegah kondisi tersebut menjadi semakin memburuk lagi.

Maka dari itu, sangat penting sekali untuk kita mengetahui Ciri-Ciri Benjolan Di Payudara Karena Kanker & Non-Kanker, sehingga kita bisa mendapatkan perawatan, penanganan dan pengobatan yang tepat sesuai penyebab nya.

Berikut Ini Beberapa Penyebab Benjolan Di Payudara serta Ciri-Ciri Benjolan Di Payudara Karena Kanker & Non-Kanker

Ada banyak beragam faktor yang dapat menyebabkan timbulnya benjolan pada bagian payudara, baik itu disebabkan karena kanker ataupun non-kanker. Beberapa faktor tersebut diantaranya yaitu :

Kista Payudara
Benjolan pada payudara yang disebabkan oleh kista payudara biasanya terasa lunak. Selain itu, ukuran kista dapat membesar dengan cepat ketika siklus mensturasi ini terjadi disebabkan karena adanya respon pada hormon. Kista Payudara sendiri adalah suatu kantong yang berisi cairan dalam jaringan payudara. Kondisi ini biasanya terjadi pada wanita yang berusia sekitar 35-50 tahun.

Payudara Fibrokistik
Biasanya benjolan pada payudara yang disebabkan karena payudara fibrokistik ini akan terasa nyeri serta puting payudara menjadi lebih sensitif. Kondisi ini terjadi karena selama siklus mentusrasi hormon menjadi tidak stabil.

Biasanya gejala tersebut timbul ketika periode pra-menturasi dan kondisi tersebut akan membaik ketika mensturasi tersebut sedang berlangsung atau berakhir. Akan tetapi perlu untuk segera melakukan pemeriksaan apabila kondisi atau gejala yang dialami tersebut bertahan setelah periode mensturasi berakhir.

Fibroadenoma
Merupakan tumor jinak pada payudara yang paling sering terjadi. Fibroadenoma umumnya tidak terasa nyeri, dan jika diraba terasa bulat, padat, kenyal, dan dapat bergeser.

Tumor jinak ini paling sering dialami wanita usia 20-30 tahun. Fibroadenoma terjadi ketika tubuh membentuk jaringan kelenjar susu berlebihan. Fibroadenoma umumnya dapat hilang dengan sendirinya, tapi terkadang dapat juga menetap dan membesar, terutama saat hamil. Penyebab fibroadenoma tidak diketahui dengan pasti. Diduga fibroadenoma disebabkan karena sensitivitas yang meningkat terhadap hormon estrogen. Fibroadenoma dapat ditangani dengan operasi.

Infeksi payudara
Infeksi payudara atau juga dikenal dengan sebutan Mastitis merupakan suatu kondisi yang umumnya lebih sering dialami oleh ibu yang sedang dalam masa menyusui. Benjolan yang disebabkan oleh infeksi payudara ini biasanya terasa nyeri. Infeksi ini terjadi ketika bakteri yang terdapat pada permukaan kulit Anda atau dari mulut bayi masuk ke saluran susu melalui puting.

Tertutup nya saluran susu juga dapat mengakibatkan terjadinya mastitis. Kondisi ini terjadi ketika di payudara anda terdapat susu dan belum habis, akan tetapi Anda berhenti menyusui. Hal ini mengakibatkan susu kembali lagi ke saluran, sehingga memicu terjadinya infeksi dan menimbulkan benjolan.

Kanker Payudara
Ini adalah salah satu penyebab munculnya benjolan pada payudara yang paling ditakuti oleh semua orang. Kanker payudara terjadi ketika dalam payudara terdapat sel-sel yang tumbuh secara tidak normal. Perkembangan sel tersebut sangat cepat dibandingkan dengan sel normal, sehingga terbentuk lah benjolan pada payudara.

Gejala kanker payudara bisa bervariasi, bisa sama bisa juga tidak, di antaranya :

  • Adanya benjolan di payudara atau penebalan jaringan yang terasa berbeda dari jaringan di sekitarnya.
  • Perubahan pada bentuk dan ukuran payudara.
  • Kulit payudara memerah.
  • Pengelupasan kulit areola dan kulit payudara.
  • Nyeri dan pembengkakan pada payudara.
  • Darah ke luar dari puting payudara.
  • Benjolan atau pembengkakan di bawah ketiak.
  • Puting tertarik masuk ke dalam.

Jika anda mengalami beberapa gejal tersebut, alangkah baiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter guna memastikan apakah benjolan pada payudara anda disebabkan karena kanker atau non-kanker. Sehingga dengan mengetahui penyebabnya sedari dini, kita pun bisa melakukan pengobatan dengan penanganan yang tepat.

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Ciri-Ciri Benjolan Di Payudara Karena Kanker & Non-Kanker. Semoga saja informasi yang sudah disampaikan ini dapat bermanfaat dan bisa membantu anda dalam memahami kondisi benjolan pada payudara anda.

Mengenal Ciri-Ciri Benjolan Di Payudara Karena Kanker & Non-Kanker

Leave a Comment